Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Pengertian 

Menyusun program sekolah yang berdampak pada murid membutuhkan kerjasama dan kolaborasi antar semua warga sekolah dan pemetaan minat dan profil belajar murid perlu dibuatkan konsep yang sudah jelas sehingga bisa diikuti secara berkelanjutan 

Manfaat

Dengan program yang sudah jelas diterapkan disekolah maka saya dulu sebagai murid menjadi disiplin waktu dan membentuk kakarter saya menjadi lebih profesional dan lebih jujur dalam bertindak 

Nama                    : Muhammad Lukman Hadi, S.Pd
Instansi                : SMK Negeri 1 Sukorejo (CGP Angkatan 4 Kabupaten Pasuruan)

Artikel refleksi model 4 F

Komponen

Penjelasan

1. fact (peristiwa)

Membuat program atau kegiatan sekolah yang secara sengaja dirancang untuk mendorong tumbuhnya jiwa kepemimpinan murid dengan PJBL Vokasi. Penelitian berbasis project sesuai dengan kapasitas dan kemampuan untuk menghasilkan produk unggulan berstandar industri. Pengujian dan standarisasi produk yang telah dilaksanakan belum sesuai rencana pemanfaatan produk unggulan SMK PK yang masih dalam bentuk prototype. Manfaat dalam menciptakan ekosistem pendidikan dan untuk mendukung pencapaian Indikator prestasi dan pengalaman yang bermakna bagi siswa berbasis project serta memperkuat link and super match/kerjasama antara sekolah dengan industri. 

Kegiatan ini lebih mengembangkan bakat, minat, potensi, maupun keterampilan yang dimiliki oleh siswa agar berani dalam membuat inovasi/karya unggulan berstandar industri sehingga membekali peserta didik untuk lebih mandiri dan mempersiapkan mental berkerja sebelum masuk di dunia industri . Mengapa program pembelajaran BJBL vokasi diakronimkan menjadi project aksi. Hal ini dikarenakan seorang pendidik harusnya memahami kebutuhan belajar murid dan memberi kesempatan kepadanya untuk bisa bereksplorasi dan berkolaborasi melalui forum diskusi dan mampu mempresentasikan projectnya mulai dari proses pembuatan sampai dengan uji coba alat. Hasil aksi nyata yang dilakukan adalah Terciptanya produk rekacipta buatan dalam negeri yang mampu melatih dan mendorong siswa berinovasi dan berkarya melalui pembelajaran project based learning, Meningkatkan keterampilan abad 21 yaitu 4C (critical thinking, creativity, collaboration, and communication), Merubah mainset dan pola pembelajaran yang lebih kreatif berpihak pada murid, Melatih mental dan karakter siswa berani dalam mengemukakan pendapat melalui forum diskusi kelas.

Foto kegiatan aksi nyata






















2. Felling (perasaan) 

Perasaan saya selalu bersyukur bisa belajar dan berbagi melalui pendidikan guru penggerak sampai saat ini dengan terus berkarya dan berinovasi dalam kegiatan pembelajaran dikelas, bangga bisa memberikan kebermanfaatan pada sekolah dan komunitas ilmu di pendidikan guru penggerak, bahagia dan selalu semangat bersama dalam mengerjakan tugas dan bisa berdiskusi dengan rekan CGP lainnya dalam forum berbagi aksi nyata di LMS  

3. Finding (pembelajaran) 

Mampu mengembangkan ide dari menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program atau kegiatan yang memaksimalkan model maangemen BAGJA dalam pengelolaan program sekolah yang berdampak pada murid melalui PJBL vokasi, membentuk program dan strategi memilih program yang aktif sesuai bakat minat dan profil belajar yang dimiliki murid dan proses managemen resiko menjadi sebuah potensi yang berorientasi pada pembelajaran murid melalui prinsip monitoring, evaluasi, dan implementasi program yang nyata, seletah itu pengelolaan program yang berdampak pada murid tentang bentuk program yang dibuat dalam bentuk program sekolah yang sederhana pada murid dengan metode MELR sehingga murid berani dalam mempresentasikan produk dikelas

4. Future (penerapan ke depan)

Menganalisis aset apa yang dapat dimanfaatkan dalam penyusunan program, merencanakan program sekolah dalam bentuk BAGJA, menerapkan manajemen resiko dan mengelola potensi yang berorientasi pada pembelajaran murid, serta melakukan monitoring evaluasi kegiatan dalam pengelolaan program yang sudah dibuat untuk mampu dikembangkan menjadi program prioritas disekolah

 


1 komentar untuk "3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid"