Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 Pengertian 

Seorang pemimpin menjadi peran yang kuat dalam keberlangsungan dan perencanaan sampai dengan pengambilan keputusan untuk mencapai sumber daya sekolah yang optimal. Program sekolah, visi misi, kurikulum sekolah, dan karakter potensi peserta didik dan kearifan lokal dan lokasi strategis dari sekolah tersebut dan potensi yang dimiliki oleh warga disekitar 

Manfaat

Untuk diri sendiri saya bisa mengelola sumber daya sekolah bersama dengan dukungan dari warga sekolah paling tidak sebagai pemimpin pembelajaran mampu mengelola dan memetakan sumber daya yang ada disekolah dan menganalisis potensi dan kekuatan yang dimiliki. Harapan untuk murid saya adalah perubahan menjadi senang dan nyaman untuk mengali potensi karakter dan minat belajar mereka secara umum dan maksimal. Bagi sekolah mampu mengelola sumber daya baik dari unsur biotik dan abiotik secara efektif dan maksimal dalam komunikasi dari semua warga sekolah 

Nama               : Muhammad Lukman Hadi, S.Pd

Instansi            : SMK Negeri 1 Sukorejo (CGP Angkatan 4 Kabupaten Pasuruan)

 

PRAKARSA PERUBAHAN

Memberdayakan aset dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan/ riset/ penyelidikan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan jawaban

B-uat pertanyaan (Define)

       Membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang;

       Menggalang atau membangun koalisi tim perubahan

1.   Bagaimana cara untuk mengoptimalkan aset sekolah untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka saat ini?

2.   Bagaimana sosialisasi kurikulum merdeka dari segi pembelajaran berdiferensiasi dikelas yang berdampak pada murid?

3.   Bagaimana implementasi pembelajaran berpusat pada murid berdasarka aset sekolah yang sudah dimiliki pada kurikulum merdeka? 

1.  Memetakan karakteristik dan aset sekolah yang sudah dimiliki melalui teknik angket, wawancara, observasi, dan rapat koordinasi dengan team managemen sekolah

2.  Bekolaborasi dengan team managemen sekolah dalam menyusun dan mengsosialisasikan implementasi kurikulum merdeka

3.  Memberdayakan komunitas belajar dan praktisi yang ada disekolah melalui aksi nyata dan pengimbasan pembelajaran yang berdampak pada murid berdasarkan aset sekolah yang dimiliki

A-mbil pelajaran (Discover)

       Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/ peluang lewat investigasi;

       Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur

1.   Apakah penggunaan aset yang sudah ada sudah digunakan secara optimal?

2.   Apakah pembelajaran berdiferensasi yang berdampak pada murid sudah dilaksanakan?

3.   Adakah kolaborasi dan dukungan dari komunitas belajar dan praktisi disekolah untuk implementasi kurikulum merdeka?

1.  Melakukan penelitian evaluasi diri sekolah dan analisis hasil belajar siswa melalui rapot pendidikan tahun 2022

2.  Melakukan studi informasi melalui kajian pustaka maupun studi kasus

3.  Melakukan pemetaan aset dan potensi minat dan bakat siswa di sekolah yang ada pada murid maupun lingkungan disekitar

G-ali mimpi (Dream)

       Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;

       Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multiunsur (kapan, di mana, siapa saja).

1.   Bilamana jika pemberdayaan aset sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka bisa terwujud?

1.  Berkoordinasi dengan berbagai pihak khususnya pemangku kepentingan dalam implementasi kurikulum merdeka

2.  Berkomitmen terus dalam menjalankan pembelajaran yang berdampak pada murid

3.  Optimalisasi pemberdayaan aset yang sudah ada untuk menjadi kekuatan sekolah

J-abarkan rencana (Design)

       Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian;

        Menyusun definisi kesuksesan pencapaian

1.   Bagaimana langkah-langkah dalam memberdayakan aset sekolah untuk implementasi kurikulum merdeka belajar?

2.   Apa saja indikator keberhasilan dalam pelaksanaan pemberdayaan aset sekolah dalam imlementasi kurikulum medeka disekolah?

1.  Menyusun jadwal kegiatan dan pelaksanaan program menggali karakteristik daerah yang bisa diangkat menjadi aset sekolah bersama komunitas praktisi

2.  Menyusun indikator keberhasilan dalam bentuk angket sesuai kriteria yang ada

A-tur eksekusi (Deliver)

       Menentukan siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan;

       Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: SOP, knowledge management, monev/refleksi)

1.   Siapa dan bagaimana peran dari pihak yang terlibat dalam program?

2.   Bagaimana monitoring dan evaluasi serta refleksi kegiatan yang sudah dilakukan?

1.   Memetakan aser sumber daya manusia dan mampu melakukan pembagian tugas sesuai kebutuhan

2.   Menyusun angket monev dan refleksi guru, murid, dan observer

3.   Analisa rapot sekolah dan evaluasi teknik SWOT

 


Posting Komentar untuk "3.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya"