3.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
Pengertian
Seorang pemimpin menjadi peran yang kuat dalam keberlangsungan dan perencanaan sampai dengan pengambilan keputusan untuk mencapai sumber daya sekolah yang optimal. Program sekolah, visi misi, kurikulum sekolah, dan karakter potensi peserta didik dan kearifan lokal dan lokasi strategis dari sekolah tersebut dan potensi yang dimiliki oleh warga disekitarManfaat
Untuk diri sendiri saya bisa mengelola sumber daya sekolah bersama dengan dukungan dari warga sekolah paling tidak sebagai pemimpin pembelajaran mampu mengelola dan memetakan sumber daya yang ada disekolah dan menganalisis potensi dan kekuatan yang dimiliki. Harapan untuk murid saya adalah perubahan menjadi senang dan nyaman untuk mengali potensi karakter dan minat belajar mereka secara umum dan maksimal. Bagi sekolah mampu mengelola sumber daya baik dari unsur biotik dan abiotik secara efektif dan maksimal dalam komunikasi dari semua warga sekolahNama : Muhammad Lukman Hadi, S.Pd
Instansi : SMK Negeri 1 Sukorejo (CGP Angkatan
4 Kabupaten Pasuruan)
PRAKARSA PERUBAHAN |
Memberdayakan
aset dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah |
|
TAHAPAN |
Pertanyaan |
Daftar
tindakan/ riset/ penyelidikan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan jawaban |
B-uat pertanyaan
(Define) ●
Membuat
pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/
peluang; ●
Menggalang
atau membangun koalisi tim perubahan |
1.
Bagaimana cara
untuk mengoptimalkan aset sekolah untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka
saat ini? 2.
Bagaimana
sosialisasi kurikulum merdeka dari segi pembelajaran berdiferensiasi dikelas
yang berdampak pada murid? 3.
Bagaimana
implementasi pembelajaran berpusat pada murid berdasarka aset sekolah yang
sudah dimiliki pada kurikulum merdeka?
|
1. Memetakan karakteristik dan aset sekolah yang sudah
dimiliki melalui teknik angket, wawancara, observasi, dan rapat koordinasi
dengan team managemen sekolah 2. Bekolaborasi dengan team managemen sekolah dalam menyusun
dan mengsosialisasikan implementasi kurikulum merdeka 3. Memberdayakan komunitas belajar dan praktisi yang
ada disekolah melalui aksi nyata dan pengimbasan pembelajaran yang berdampak
pada murid berdasarkan aset sekolah yang dimiliki |
A-mbil pelajaran
(Discover) ●
Menyusun
pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/ peluang lewat
investigasi; ●
Menentukan
bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok
kecil/besar, survei individu, multi unsur |
1.
Apakah
penggunaan aset yang sudah ada sudah digunakan secara optimal? 2.
Apakah
pembelajaran berdiferensasi yang berdampak pada murid sudah dilaksanakan? 3.
Adakah
kolaborasi dan dukungan dari komunitas belajar dan praktisi disekolah untuk
implementasi kurikulum merdeka? |
1. Melakukan penelitian evaluasi diri sekolah dan
analisis hasil belajar siswa melalui rapot pendidikan tahun 2022 2. Melakukan studi informasi melalui kajian pustaka
maupun studi kasus 3. Melakukan pemetaan aset dan potensi minat dan bakat
siswa di sekolah yang ada pada murid maupun lingkungan disekitar |
G-ali
mimpi (Dream) ●
Menyusun
deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud; ●
Mengalokasikan
kesempatan untuk berproses bersama, multiunsur (kapan, di mana, siapa saja). |
1. Bilamana jika pemberdayaan aset sekolah dalam
implementasi kurikulum merdeka bisa terwujud? |
1. Berkoordinasi dengan berbagai pihak khususnya
pemangku kepentingan dalam implementasi kurikulum merdeka 2. Berkomitmen terus dalam menjalankan pembelajaran
yang berdampak pada murid 3. Optimalisasi pemberdayaan aset yang sudah ada untuk
menjadi kekuatan sekolah |
J-abarkan rencana
(Design) ●
Mengidentifikasi
tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil
sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan
memudahkan keseluruhan pencapaian; ●
Menyusun definisi
kesuksesan pencapaian |
1.
Bagaimana
langkah-langkah dalam memberdayakan aset sekolah untuk implementasi kurikulum
merdeka belajar? 2.
Apa saja
indikator keberhasilan dalam pelaksanaan pemberdayaan aset sekolah dalam
imlementasi kurikulum medeka disekolah? |
1. Menyusun jadwal kegiatan dan pelaksanaan program
menggali karakteristik daerah yang bisa diangkat menjadi aset sekolah bersama
komunitas praktisi 2. Menyusun indikator keberhasilan dalam bentuk angket
sesuai kriteria yang ada |
A-tur eksekusi
(Deliver) ●
Menentukan
siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan; ●
Mendesain
jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: SOP, knowledge management,
monev/refleksi) |
1.
Siapa dan
bagaimana peran dari pihak yang terlibat dalam program? 2.
Bagaimana
monitoring dan evaluasi serta refleksi kegiatan yang sudah dilakukan? |
1.
Memetakan aser
sumber daya manusia dan mampu melakukan pembagian tugas sesuai kebutuhan 2.
Menyusun
angket monev dan refleksi guru, murid, dan observer 3.
Analisa rapot
sekolah dan evaluasi teknik SWOT |
Posting Komentar untuk "3.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya"